Menghindari Interior Menjadi Lembab dengan Langkah Mudah Ini

Rumah lembab bisa menimbulkan berbagai masalah, seperti jamur yang muncul di dinding. Tentu saja itu akan sangat mengganggu pandangan kita. Belum lagi jika muncul aroma yang tak sedap. Tenang saja, Anda bisa melakukan tips mudah berikut untuk mengusir lembab dari rumah.

Berhati-hatilah saat memasak
Panci di atas kompor, serta ceret, dapat menghasilkan uap dan uap air dalam jumlah yang besar. Menutupi wajan dengan penutup saat memasak akan membantu meminimalkan kondensasi pada jendela dapur Anda.

Nyalakan tudung kompor Anda saat menggunakan kompor dan biarkan selama lima menit setelah Anda selesai membersihkan udara. Jangan lupa untuk mengganti filter secara teratur pada cooker hood Anda untuk memastikan itu bekerja seefisien mungkin.

Hapus kelebihan kelembaban
Menggunakan dehumidifier akan membantu menghilangkan kelembaban berlebih dari udara, membuat rumah Anda terasa lebih hangat dan lebih nyaman. Pilih model cerdas yang aktif ketika kelembaban naik atau gunakan timer untuk berjalan dalam waktu singkat setiap hari. Anda akan terkejut betapa banyak kelembaban yang akan dikeluarkan dari rumah Anda. Penyerap kelembaban ideal untuk lemari dan ruang sempit tempat lembab muncul, tetapi catu daya tidak praktis. Jika kondensasi terjadi secara teratur pada jendela, gunakan jendela vakum untuk menghilangkan air di pagi hari. Atau, bersihkan dengan kulit chamois dan peras ke bak cuci. Ini akan membantu kamar menjadi lebih cepat kering.

Referensi tambahan untuk Anda: harga batu alam dinding

Pilih cat dan wallpaper tahan kelembaban
Jika rumah Anda cenderung lembab atau kondensasi, pilih pelapis dinding yang membuat pencegahan masalah lebih mudah. Pilihlah permukaan yang dicat dan pilih cat yang dirancang untuk digunakan di dapur dan kamar mandi. Dengan formula yang dirancang untuk menahan kelembaban dan uap, mereka tidak hanya akan membantu menjaga jamur tetap berada di tempat, tetapi juga akan membersihkan lebih mudah jika ada cetakan yang berkembang. Jika wallpaper lebih sesuai keinginan Anda, pilih wallpaper vinil yang tahan percikan dan dapat dibersihkan.

READ  Desain Teras Rumah Menggunakan Batu Alam

Tinggalkan ruangan untuk bernafas
Kondensasi dapat terbentuk di belakang furnitur dan perabot yang menyentuh dinding luar yang lebih dingin, yang akhirnya menghasilkan pertumbuhan jamur. Coba posisikan furnitur beberapa sentimeter dari dinding luar, agar udara dapat bersirkulasi. Jika Anda mengalami banyak pengembunan di windows, pilihlah penutup yang bisa dipindahkan jauh dari bingkai. Pasangkan tiang atau rel gorden yang panjang lebar yang memungkinkan Anda menarik gorden jauh dari jendela dan memasang tirai di atas ceruk jendela daripada di dalam.