Panduan Singkat Memilih Pipa PVC

Dalam penentuan pipa pvc ada pelbagai kelas yang punya mutu yang layak. Nah dalam artikel dibawah berikut ini bakal di kaji perihal teknik menentukan pipa PVC yang memiliki kualitas berdasar pada kelasnya. Pengin tahu apapun ? Selamat membaca !

Pipa Kelas AW
Pipa kelas AW yaitu pipa yang didesain dengan kapabilitas tinggi maka bisa mengendalikan dorongan air dari dalam sampai 10 bar. Pipa ini yang sangat tebal ketimbang dengan pipa lainnya. Bahkan juga pipa kelas AW bisa menumpang dorongan sampai 10 kg/cm2. Jadi pipa AW sesuai sekali dimanfaatkan dalam pengerjaan instalasi aliran air yang bertekanan tinggi atau aliran air yang memanfaatkan mesin pompa air. Biasanya pipa ini dimanfaatkan dalam pengerjaan aliran penyediaan air nilai rumah tangga, aliran air bawah tanah, dan instalasi aliran air kotor serta air sisa. Pipa kelas AW ada dengan ukuran dimulai dari 1/2 inci hingga 12 inci.

Pipa Kelas D
Pipa kelas D sebagai pipa yang didesain dengan privat biar bisa mengendalikan dorongan air dari dalam sampai sampai 5 bar. Di pasar, pipa ini ada dimulai dari ukuran 1,25 inci sampai 12 inci. Pipa kelas D yaitu pipa yang punya tingkat ketebalan yang tengah. Pipa ini kuat mengendalikan dorongan hingga 5 kg/cm2. Pada prinsipnya, pipa kelas D makin kuat ketimbang pipa kelas C dan tambah murah dibanding dengan pipa kelas AW. Maka pipa kelas D ini kerapkali jadikan jadi pilihan khusus oleh konsumen. Tidak hanya dimanfaatkan buat bangun instalasi aliran pembuangan air dalam rumah tangga, pipa ini dapat juga dipakai buat bikin aliran ventilasi udara.

Pipa Kelas C/OD
Pipa kelas C biasa dikatakan juga pipa kelas OD. Pipa ini kebanyakan dimanfaatkan buat kebutuhan pembangunan aliran listrik ialah jadi pelindung atau selubung kabel litrik serta telpon maka makin aman. Kadangkala pipa kelas C ini pun dipakai buat bikin aliran air yang bertekanan rendah. Misalkan seperti aliran air di akuarium atau kolam ikan dan aliran drainase. Pipa C/OD punya ketebalan yang rendah. Pipa ini ada di toko bangunan dengan ukuran dimulai dari 5/8 inci s/d 4 inci.

READ  Memilih Keran yang Tepat Berdasarkan Tekanan Air Rumah