DLH Aceh Tamiang Manfaatkan Sampah Plastik Menjadi BBM dan Paving Block

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Aceh Tamiang kembali lagi menggunakan sampah plastik jadi barang berfaedah.

Kesempatan ini, pembaharuan daur ulangi ini mendatangkan cairan bahan bakar minyak (BBM) lewat proses evaporasi.

Kepala Dinas LH Aceh Tamiang, Sayed Mahdi mengungkap peningkatan pembaharuan ini dijalankan bersama Bank Sampah Induk Aceh Tamiang dengan menggunakan lahan TPA Daerah Durian.

Baca Juga : Paving

Disebutkannya proses pengerjaan BBM ini searah dengan proses pengerjaan paving block yang udah terlebih dulu mereka produksi.

“Prosesnya dijalankan bertepatan, jadi kalaupun cairan dari sampah plastik yang dipanaskan kita buatlah paving block, sedang uapnya dapat buat jadi bahan bakar minyak,” kata Sayed Mahdi, Minggu (4/10/2020).

Sayed menambah sampai kini proses pengerjaan BBM berbahan plastik masih sesi rekayasa dan masih dibutuhkan bantuan dan pembetulan.

Tapi ia mempercayai kalaupun BBM dari sampah plastik ini bisa dipakai buat gerakkan mesin bertenaga rendah.

“Di depan bakal ada rekayasa pemanfaatan bahan bakar ini. Ini hari kita masih tetap menyatukan hasil produksinya,” kata Sayed.

Menurut dia kesulitan sampah plastik ini bukanlah cuman kesulitan di Indonesia, tetapi pelosok dunia lantaran karakternya susah diuraikan.

Artikel TerkaitĀ  :Conblock

“Ini hari dunia internasional lagi cari teknik menyelesaikan kesulitan sampah plastik. Antara lainnya dengan menggunakan sampah plastik jadi barang berfaedah yang punyai nilai ekonomis,” paparnya.

Awal kalinya DLH udah sukses menggunakan sampah plastik jadi paving block. Plastik-plastik yang sudah diseleksi oleh petugas dimasukkan di dalam riasg, lalu dipanaskan mengggunakan kompor gas sampai mencair.

Lantas cairan plastik ini disalurkan ke dalam alat bikin (molding) yang dibentuk secara manual.

“Seterusnya dipress dua hingga sampai tiga menit biar jadi padat dan lalu didinginkan pada air kurang lebih 20-30 menit,” ungkap Sayed sambil menuturkan sebuah paving block perlu satu kilo-gram sampah plastik

READ  Yuk Atasi Bocor di Pertemuan Atap dan Dinding